Rabu, 12 Desember 2018

SAMSUNG SGH-F250 Makin Lengkap dengan Dua Port Musik

SAMSUNG SGH-F250

Konsep slideing dengan beberapa tombol shortcut untuk mengoperasikan musik player, jelas mencerminkan bahwa ponsel ini sebagai ponsel musik

Di awal 2018, Samsung tampak agresif memproduksi ponsel musik untuk berbagai segmen. Sebut saja Samsung SGH-i450 dan Samsung SGH-F250. Di edisi lalu, Selular sempat menguji ponsel musik Samsung SGH-i450, yang difokuskan untuk pengguna advance. Di edisi kali ini, Selular berkesempatan menguji Samsung SGH-F250, yang ditujukan untuk pengguna pemula

Kesan bahwa ponsel ini untuk kelas menengah ditilik dari fitur-fitur yang dibenamkannya. Fitur unggulannya, tentu saja pemutar musiknya. Pemutar musik dilengkapi dengan dua buah port headset, salah satunya adalah port dengan jack 3,5 mm AV. Dengan port headset berukuran standar tersebut, tidaklah sulit menggunakan headset dari merk apapun. Hasil tes yang dilakukan tim Selular untuk fitur-fiturnya adalah sebagai berikut:

DESAIN

Produk-produk lini musik yang dikeluarkan Samsung di tahun 2007 kebanyakan berdesain sliding. Begitu pula dengan Samsung SGH-F250. Desain sliding ponsel ini terkesan minimalis. Di bagain folder depan hanya ada dua buah tombol akses, beserta tombol navigasi yang terintegrasi sebagai tombol pemutar musik. Dalam keadaan siaga, layarnya bisa berfungsi sebagai cermin.

  • Pengujian : Keergonomisan desain digunakan untuk mengakses semua menu.
  • Catatan : saat digeser, hentakan desain slid-ingnya terasa halus.

MESSAGING

Salah satu keunggulan dari fasilitas messaging yang dibenamkan Samsung adalah memiliki kemampuan SOS message. Pengguna bisa menentukan sendiri daftar kontak yang bisa mendapatkan pesan dari SOS message. Untuk SMS, karakter penulisan pesan hingga 1000 karakter.

  • Pengujian: Memblokir pesan dari salah satu daftar kontak.
  • Catatan : Ponsel ini juga punya kemampuan melakukan broadcast message.

IMAGING

Kamera 1,3 MP bisa untuk foto dan rekam video. Untuk menggunakannya tidak perlu menggeser bodi, sebab letak lensa kamera tepat di bagian belakang bodinya. Tombol akses langsung ada di sisi kanan ponsel. Resolusi maksimal untuk foto adalah 1280x1024 Piksel. Untuk rekam video, resolusi terbesarnya 176 x 144 Pixel. Hasil jepretan kamera bisa diedit dengan fitur image editor, yang dapat diakses pada menu Application.

  • Pengujian : Hasil jepret kamera menggunakan frame.
  • Catatan : Tidak ada cermin untuk foto sendiri serta lampu flash.

AUDIO

Fasilitas audionya memiliki dua buah port. Port di bagian kanan bawah adalah port headset menggunakan USB. Di bagian kiri atas untuk headset connector dengan jack 3,5 mm. Alternatif lain untuk hiburan musik bisa didengarkan melalui fitur Radio FM, yang dilengkapi dengan fungsi cari otomatis. Dibandingkan dengan speaker ponsel, kualitas suara musik akan lebih maksimal jika menggunakan headset.

  • Pengujian : Kualitas suara saat mendengar musik Jump dari Van Hallen.
  • Catatan : Hasil tes suara maksimal saat mendengar musik Jump dari Van Hallen adalah 93,3 dB

INTERNET

Ponsel kelas menengah ini masih berjalan di jaringan GPRS untuk koneksi internet. Tapi setting otomatis operator Selular di Indonesia sudah dibenamkan sehingga pengguna bisa lebih mudah mengakses internet jika berganti-ganti katu operator. Meski masih berada di jaringan GPRS, koneksi internetnya lumayan lancar untuk sekadar membuka email atau membuka website majalah Selular.

  • Catatan : Dalam keadaan siaga, internet bisa diakses langsung dengan menekan tombol bergambar icon play and pause pada tombol navigasi.

KONEKTIVITAS

Konektivitas andalan ponsel ini adalah Bluetooth. Sebagai ponsel musik, Bluetooth sudah mendukung teknologi A2DP. Untuk

menghubungkannnya ke komputer PC atau laptop, dibutuhkan software untuk sinkrinosasi dengan perangkat tersebut.

  • Pengujian : Mengirim empat buah file gambar secara bersamaan.
  • Catatan : Samsung SGH-F250 tidak bisa berfungsi sebagai flash memory jika dicolokkan ke komputer.

MEMORI

Sebagai ponsel musik, Samsung SGH-F250 dibekali dengan memori internal berkapasitas 20 MB. Jika dirasa masih kurang untuk menyimpan file-file musik yang dimiliki, kapasitas memorinya bisa diekspan dengan memori eksternal jenis micro SD. Slot memori eksetrnal ponsel ini belum menggunakan jenis hotswap, sehingga perlu membuka baterai jika ingin memasukkan memori tambahan.

  • Pengujian: Menggunakan File Manager untuk menyimpan file.
  • Catatan : Kapasitas eksternal memori hingga 4GB
Kesimpulan

Sebagai ponsel musik, suara yang keluar dari audio output saat mendengarkan musik tidaklah sejernih dibanding menggunakan headset. Selain fitur musik, fitur lainnya dapat berfungsi dengan baik. Untuk berinternetan, ponsel ini punya kemampuan yang lumayan dapat diandalkan untuk bekerja di jaringan GPRS.