Sabtu, 15 Desember 2018

PDA I-MATE ULTIMATE 8150 Andalkan Gengsi dan Fungsi

I-MATE ULTIMATE 8150

“Sebagai pendatang baru di dunia PDA-Phone, i-mate punya beberapa fitur yang menarik perhatian baik dari segi gengsi maupun fungsionalitas”

Memiliki ponsel PDA selain berfungsi sebagai asisten pribadi juga dapat menaikkan gengsi si empunya. Minimal dengan menggunakan perangkat ini penggunanya lebih pede ketika bergaul dengan rekan bisnis. Nah, itulah yang rasanya ditawarkan i-mate Ultimate 8150 yang bisa berfungsi sebagai asisten pribadi digital sekaligus pendongkrak gengsi.

Kelebihan perangkat ini dari sisi fungsional antara lain pada fitur remote desktop, XGA output, secure l-Q, custom l-Q dan support l-Q. Fitur remote desktop mobile memungkinkan kita mengontrol komputer di LAN atau melalui internet dalam genggaman Ultimate 8150. Sedangkan fitur secure l-Q, custom l-Q dan support l-Q adalah kelompok fitur yang disebut l-Q intelligent built-in. Ketiganya berfungsi melalui web base, yang berguna untuk memproteksi data, kustomisasi dan dukungan dari i-mate.

Dari sisi desain yang terasa aneh adalah letak navigasi yang tidak berada pada posisi center, yaitu berada agak ke kanan. Sedangkan letak port mini USB (untuk charging, data dan headset), micro SD, jog dial, XGA output dan shorcut button lainnya mudah dijangkau, a

Layar

Dengan ukuran 4 x 5,4 cm atau 2.6 inch masih cukup untuk membaca email dan dokumen kan-toran lainnya. Dengan ketajaman 65.000 warna, image dan video dapat terlihat dengan baik. Meski mengadopsi layar sentuh, untuk mengoperasikan sebaiknya menggunakan stylus pen.

  • Pengujian: Membaca email yang masuk, membuka file image/video
  • Catatan: Layar bisa menjadi touch pad saat fitur eksternal display digunakan.

Keypad

Susunan keypad yang tersedia adalah 12 key numeric keypad berukuran cukup lebar. Ada tambahan keypad akses start windows dan tombol navigasi yang letaknya agak cenderung ke sebelah kanan. Selain itu juga ada pilihan keyboard virtual yang lebih mudah dikendalikan memakai stylus pen.

  • Catatan: Akan lebih baik jika mengadopsi keypad QWERTY

Audio

Untuk urusan audio I-mate Ultimate 8150 mendukung beberapa format audio seperti: MIDI, MP3, WAV, WMA dan AMR. Output audio berasal dari single speaker, meski begitu hasilnya cukup lumayan, ketika memutar lagu American Idiot (Greenday) dapat mencapai 93.1 d B. Untuk wireless headset bisa menggunakan perangkat bluetooth A2DP.

  • Pengujian: Memutar lagu dengan Windows Media Player Mobile
  • Catatan: Tidak memiliki dual speaker

Microsoft Office

Aplikasi Microsoft Office versi mobile telah tersedia seperti Excel Mobile, PowerPoint Mobile dan Word Mobile. Untuk Excel dan Word kita bisa membuka, membuat dan mengedit file, sedangkan PowerPoint hanya bisa membuka file yang ditransfer ke perangkat ini, tidak bisa membuat dan mengedit file.

  • Pengujian: Membuka, mengedit dan membuat file Ms Office
  • Catatan: Ada jeda beberapa detik ketika slideshow powerpoint berjalan

Multimedia Video Player

Pemutar musik dan video yang umumnya sudah embedded dengan system operasi Microsoft Windows. Tak perlu diragukan lagi untuk urusan utilitas dan performanya, baik untuk memutar musik dan video.

  • Pengujian: ketika memutar video dengan resolusi 640 x 480 pixel dan bit rate 802 kbps berjalan kurang mulus, tapi audio cukup jelas.
  • Catatan: Kurang mulus ketika memutar video dengan resolusi dan bitrate yang besar

Remote Desktop

Fitur satu ini tak ubahnya fitur yang ada di desktop PC. la dapat mengontrol PC secara wireless dimanapun kita berada, asalkan saat menggunakannya Ultimate 8150 terhubung ke jaringan LAN ataupun internet. Menggunakannya mudah, ada beberapa parameter yang harus diisi sebelumnya seperti nama/IP komputer, user-name, password dan domain PC yang akan di-remote.

  • Pengujian: melakukan remote desktop di salah satu PC, dapat berjalan lancar.

Eksternal Display

Inilah fitur yang sangat bermanfaat untuk pebisnis yang sering melakukan presentasi. Tampaknya laptop yang berat bisa ditinggalkan di kantor jika ingin melakukan presentasi powerpoint, video ataupun PDF. Pasalnya kualitas output visual lewat kabel XGA adapter bisa dibilang sangat bagus, baik pada proyektor, TV plasma maupun layar monitor. Hal itu dikarenakan Ultimate 8150 menggunakan chipset grafik akselerator NVIDIA GoForce 5500.

Messaging

Perangkat yang menggunakan Windows Mobile umumnya memiliki kelebihan untuk urusan messaging, seperti SMS, MMS serta direct push-mail. Kemudahan yang didapat untuk setting email, adalah adanya setting wizard untuk membuat account email yang mendukung POP/IMAP. Atau bahkan email website seperti Yahoo Mail atau Gmail.

Internet Konektivitas

Untuk terhubung ke internet ada beragam cara, yaitu melalui hotspot WiFi atau jaringan 3G/3.5G dari operator selular yang kita gunakan. Untuk browsing sudah tertanam Internet Explorer browser dari Microsoft. Selain itu perangkat ini bisa dijadikan modem internet HSDPA berkecepatan tinggi.